Kampoeng Boenga Grangsil atau yang lebih popular disebut dengan KBG merupakan salah satu destinasi wisata baru yang ada di Desa Jambangan Kecamatan Dampit Kabupaten Malang yang resmi dioperasikan sebagai lokasi wisata pada tahun 2019. KBG menyajikan pesona wisata alam dengan menyuguhkan keindahan berbagai macam koleksi tanaman bunga dan berbagai macam spot wisata yang indah dan instagramable untuk ber swafoto.

Berbagai macam fasilitas yang bisa ditemukan saat pengunjung datang ke KBG, mulai dari Jembatan KBG yang menjadi spot andalan KBG, Koleksi tanaman yang ada di puluhan greenhouse yang bertebaran di seluruh pelosok Dusun Grangsil, berbagai program eduwisata, kesenian daerah hingga wisata kuliner khas desa yang ditawarkan yang dapat melengkapi perjalanan wisata pengunjung saat berada di KBG.

Melalui Program Universitas Merdeka Malang Membangun Desa (UMD) yang dicanangkan oleh Universitas Merdeka Malang melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) pada pendanaan tahun 2020, saat ini KBG memiliki fasilitas dan program wisata baru berupa pengadaan Homestay yang dikembangkan oleh Tim UMD. Program Homestay yang ditawarkan oleh KBG adalah program homestay dimana pengunjung dapat melakukan kenjungan wisata sambil menikmati suasana kehidupan pedesaan yang asri dan menenteramkan jiwa. Di sini pengunjung ditawarkan berbagai program ‘Tinggal Bersama Warga” yang dapat dilakukan baik oleh keluarga maupun kelompok.

Program paket Wisata Edukasi  ‘Tinggal Bersama Warga”  yang ditawarkan secara berkelompok terutama ditujukan kepada keluarga maupun sekolah-sekolah yang ingin memberikan pengalaman belajar kepada putra-putrinya tentang kehidupan pada masyarakat pedesaan. Adapun paket-paket program Wisata Edukasi  tersebut meliputi, Paket Keluarga (1-5 orang), Paket Kelompok (5-10 orang), Paket Klasikal (10-25 orang) dan Paket Bedol Desa (di atas 25 orang)

Fasilitas yang didapatkan bagi para pengunjung yang ingin menikmati paket wisata edukasi ini meliputi tinggal 1 malam di rumah warga, tiga kali makan dan snack ala desa, edukasi tatacara menanam bunga  dan sayur hidroganik, fieldtrip ke beberapa greenhouse, belajar packing aneka keripik KBG dan juga mendapatkan paket oleh-oleh aneka keripik khas KBG.

Selain paket Wisata Edukasi “Tinggal Bersama Warga” Tim UMD juga mengembangkan paket Kuliner yang ditawarkan kepada para pengunjung yang tidak ingin menginap di Dusun Grangsil. Paket Kuliner ini dilakukan sebagai upaya untuk memberdayakan ibu-ibu PKK agar terlibat langsung dalam pengembangan KBG ke depan.  Paket kuliner yang ditawarkan berupa paket kuliner ala desa yang meliputi, Paket Mentok Pedas, Paket Nasi Tiwul, Paket Nasi Empok, Paket Bening, Paket Bakso Acar, Paket Gorengan, Paket Rujak Legi, Paket Jajan Pasar dan Paket Kopi. Paket Kuliner ini ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau sehingga diharapkan tidak memberatkan para pengunjung. Paket-paket yang ditawarkan ini harus dipesan terlebih dahulu sebelum pengujung datang ke KBG minimal dua hari sebelum kedatangan.

Paket Oleh-oleh juga menjadi bagian dari paket yang dicanangkna oleh Tim UMD.  Paket ini ditawarkan sebagi upaya untuk menambah daya tarik pengunjung yang datang ke KBG dan ingin membeli oleh-oleh sebagai buah tangan untuk keluarga atau kerabat. Paket tersebut berupa Paket Ekonomis yang terdiri dari tiga macam aneka keripik, Paket Mbois terdiri dari 4 macam aneka keripik, dan Paket Mantap yang terdiri dari 5 macam aneka keripik. Keripik-keripik lokal yang ditawarkan adalah keripik singkong, keripik nangka, keripik mbothe, keripik pisang dan opak gambir

Dengan paket-paket yang dikembangkan oleh Tim UMD ini diharapkan Wisata Kampoeng Boenga Grangsil (KBG) menjadi semakin dikenal oleh masyarakat dan akan mampu mengangkat perekonomiian masyarakat sekitar. Selain itu program ini diharapkan akan semakin menguatkan peran Perguruan Tinggi dalam membangun desa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *